Sabtu, 20 November 2010

koperasi




Definisi koperasi

Setelah membaca referensi dari beberapa ahli ekonomi, saya dapat menyimpulkan bahwa koperasi adalah sebuah perkumpulan atau wadah yang terdiri dari orang perseorang atau badan yang menggabungkan diri secara sukarela dan memiliki tujuan yang sama yaitu mensejahterakan sesama secara adil yang pengawasannya dilakukan oleh anggotanya sendiri.

Perkembangan koperasi

Pertumbuhan koperasi selalu saja mengalami pasang surut dari waktu ke waktu.pertumbuhan koperasi di Indonesia dipelopori oleh Patih Purwokerto R. Aria Wiriatmadja yang bergerak dalam bidang simpan pinjam pada tahun 1896. Koperasi tersebut berkembang dengan baik sehingga dicontoh oleh Budi Oetomo dan SDI. Namun karena banyaknya koperasi yang terbentuk membuat pemerintahan Belanda mematikan usaha koperasi pada saat itu .
Sejarah perkembangan koperasi secara garis besar terbagi menjadi 2, masa penjajahan dan masa kemerdekaan.

·         Masa penjajahan

Belanda
1896 - R. A wiriatmadja mendirikan koperasi kredit system Raiffeisen.
1908 - Berdirinya Boedi Oetomo memajukan koperasi rumah tangga .
1913 - Serikat Islam dengan bantuan modal mendirikan Toko Koperasi.
1927 – usaha koperasi dilanjutkan Indonesische Studie Club yang berubah menjadi Persatuan Bangsa Indonesia di Surabaya .
Pergerakan koperasi selama penjajahan Belanda tidak dapat berjalan lancar . oleh karena banyaknya aksi protes dari bangsa Indonesia pemerintah Belanda membentuk Panitia Koperasi yang ditugasi untuk meneliti mengenai prlunya koperasi. Setelah setahun berjalan, panitia tersebut memutuskan kalau koperasi perlu dikembangkan. Koperasi pun mulai tumbuh kembali.
1932 - Partai Nasional Indonesia mengadakan kongres mengenai koperasi

Jepang
Pada masa penjajahan Jepang bangsa Indonesia menghadapi nasib yang jauh lebih buruk. Kator pusat jawatan koperasi diubah menjadi Syomin Kumiai Cou Jomusya dan kantor daerah menjadi Syomin Kumiai Saodandyo. Kumiai artinya koperasi model Jepang. Yang mula-mula bertugas mengumpulkan hasil bumi dan barang kebutuhan Jepang. Jadi pada masa penjajahan Jepang, koperasi bisa dianggap benar-benar mati .

·         Masa kemerdekaan

Setelah merdeka, bangsa Indonesia mulai membenahi kehidupan ekonomi sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 , yaitu perekonomian Indonesia harus berdasarkan atas asas kekeluargaan. Pada awal kemerdekaan, koperasi berfungsi untuk mendistribusikan keperluan masyarakat sehari-hari dibawah jawatan koperasi, kementrian kemakmuran. Namun karena pergantian system pemerintahan, banyak partai-partai yang memanfaatkan koperasi unuk kepentingan partainya bahkan ada yangmenjadikan koperasi sebagai alat pemerasan rakyat untuk memperkaya diri sendiri. Pembangunan yang baru dapat dibentuk kembali setelah pemerintah berhasil menumpas G 30 S/PKI.
Pada masa kemerdekaan ini memang Koperasi berkembang waau sangat lambat. Namun pada tahun 1947, pemerintah berhasil melangsungkan kongres koperasi I di Tasikmalaya, dan kongres II di Bandung .

Potret koperasi Indonesia

Kini koperasi berkembang dengan pesat dan tidak seburuk pada masa penjajahan maupun pada masa awal kemerdekaan. Koperasi kini mengenalkan produk baru bagi masyarakat pedesaan yakni Koperasi Unit Desa (KUD) yang banyak diikuti oleh masyarakat lebih dari 20juta jiwa .

Tokoh koperasi

Tokoh koperasi Indonesia yang sangatlah berjasa bagi bangsa ini tentu saja Dr. Mohammad Hatta (bung Hatta). Beliau adalah seorang sarjana ekonomi Belanda. Dengan latar belakang pendidikan tersebut serta tekad untuk menolong rakyat yang menderita, beliau selalu menganjurkan pada masyarakat agar menjadi anggota koperasi.
Bung Hatta menginginkan agar koperasi dapat menolong masyarakat banyak dari kemiskinan dan ketidakmampuan akan kebutuhn hidup. Bung hatta memiliki gagasan yang sangat kuat yakni agar kekuatan-kekuatan ekonomi berada pada tangan rakyat. Dengan tujuan mulia seperti itu Bung Hatta bersama tokoh lainnya merintis Dewan Koperasi Indonesia (DKI), Gerakan Koperasi Indonesia (GKI), dan Kesatuan Koperasi Seluruh Indonesia ( KOKSI).
Konsep gagasan inilah yang diterima pada kongres koperasi I yang diadakan di Tasikmalaya dan kongres II di Bandung. Beliau juga yang memberikan gagasan pendirian Sekolah Menengah Ekonomi Jurusan Koperasi dan bahkan Pendidikan Tinggi Koperasi.

sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan terlalu serius yah .. ^^