Minggu, 09 Oktober 2011

TUGAS JURNAL 4

Judul : pengaruh kualitas produk dan tingkat kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen (study kasus La Moda Elegante, Shop Online, Jakarta).

Oleh : Karina Oktaviani

Latar belakang :
pada era modern seperti saat ini, kemajuan teknologi sudah semakin cepat. Hal-hal yang sulit yang membutuhkan waktu lama kini tidak lagi menjadi permasalahan. Dalam sekejap hubungan komunikasi satu dengan yang lainnya dapat tercipta.  Melalui internet, jarak bukan lagi menjadi suatu masalah. Dan kini tidak hanya komunikasi, bisnis pun mulai memasuki dunia internet. Perdagangan secara electronic atau sering disebut e-commerce (bisnis shop online) bukan menjadi suatu yang baru lagi didunia perbisnisan.
Selain teknologi yang begitu cepat berkembang, kebutuhan fashion kita akan aksesoris sangatlah tinggi. Aksesoris mulai dari cincin, gelang, kalung, hiasan kepala, ikat pinggang maupun kacamata sudah menjadi hal yang biasa kita kenakan sehari – hari. Bahkan tidak jarang penggunaan aksesoris menjadi sangat berlebihan. Tuntutan pekerjaan ataupun hanya untuk mengikuti trend me’wajib’kan kita untuk terus mengupdate aksesoris. Penjualan aksesoris juga banyak dilakoni para pembisnis online shop, saingan harga membuat konsumen menjadi ‘pintar’. Dengan semakin banyaknya konsumen yang rasional, pembisnis hanya dapat menang dengan menciptakan dan memberikan nilai tinggi dengan meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan serta mengetahui tingkat kepuasan pelanggannya (sukardi).
Kepuasan konsumen bisa dikatakan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu bisnis. Menurut riset terdahulu, Agyl Satrio Hutomo, kualitas produk dan kepuasan konsumen secara bersama – sama mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan menurut Yosep Abdul Halim, kepuasan dapat diukur melalui customer satisfaction index (CSI) yang bisa dikatakan “puas” jika melebihi angka 50%. Dan menurut Sukardi, kepuasaan pelanggan merupakan factor yang sangat penting untuk dievaluasi bagi perusahan – perusahaan yang bergerak dibidang industry (bisnis).
Jika pebisnis tetap menjaga kualitas pelayanan dan kualitas produk yang dijualnya, maka kepuasan konsumen akan terbentuk dengan sendirinya. Kepuasan konsumen itu sendiri yang akan membawa konsumen untuk kembali berbelanja. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk pembentukan loyalitas konsumen sangatlah diperlukan kepuasaan konsumen terlebih dahulu akan kualitas produk yang kita jual. Dalam hal ini, saya selaku penulis mengambil contoh kasus pada La Moda Elegante Online Shop, specialist accessories shop, Jakarta. Pengambilan judul dan objek ini saya lakukan setelah melihat perkembangan yang cukup pesat dari La Moda Elegante Shop itu sendiri, mengingat baru berdirinya usaha tersebut di tahun 2010.

Rumusan masalah:
-          Berapa besar pengaruh tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk?
-          Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen?

Tujuan masalah :
-         Untuk mengukur  tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk.
-  Untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif  terhadap loyalitas konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan terlalu serius yah .. ^^