Sabtu, 08 Oktober 2011

REVISI TUGAS JURNAL 2

Judul : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK UKM ANEKA KUE  (STUDI KASUS EDHIE’S BAKERY).
Pengarang : Yosep Abdulhalim, Dewi Kumalasari, Siti Mulyanti, Hana Tsurayya, Ananda
Latar Belakang :
Dalam era globalisasi saat ini, persaingan di dunia usaha semakin ketat. Persaingan  timbul karena adanya usaha lain yang menawarkan produk yang sama dan melayani pelanggan yang sama dengan harga yang relatif sama bahkan terkadang lebih murah. Suatu usaha harus dapat memanfaatkan peluang-peluang, mengurangi kelemahan-kelemahan, meningkatkan kekuatan-kekuatan, dan  memperkecil hambatan-hambatan yang ada.
Kegiatan perdagangan di kabupaten Bogor mayoritas ditopang oleh kegiatan industri kecil dan menengah . Dalam hal ini,  Edhie’s Bakery tercatat sebagai UKM di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemda Bogor tahun 2007. Edhie’s Bakery harus mampu membangun lingkungan yang kondusif sehingga tercipta loyalitas pelanggan. Pengembangan mutu produk dinilai sangat penting untuk memberi keputusan akhir tentang disukai atau tidaknya suatu produk.
Rumusan Masalah :
1.     Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk UKM Edhie’s Bakery ?
2.    Bagaimana strategi Edhie’s Bakery dalam meningkatkan kepuasan konsumen? 
Tujuan Penelitian :
1.     Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk UKM Edhie’s Bakery.
2.    Merumuskan strategi perusahaan dalam peningkatan kepuasan konsumen.
Metodologi penelitian :
1.     Data dan Sampel
Penelitian dilakukan di UKM EDHIE’S BAKERY, Jl Kedung Halang Talang No. 653 RT. 06/03 Bogor Utara. Jenis-jenis data yang digunakan adalah data subjek (self report data) dan data  documentary. Menurut sumbernya, data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder . Jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan selama kurang lebih satu bulan yang diperoleh melalui wawancara kepada narasumber yaitu pemilik UKM Edhie’s Bakery serta pengisian kuesioner  oleh responden.

2.    Alat Analisis
Menggunakan uji validitas dengan teknik korelasi Product Moment Pearson. Dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha.

3.    Model Penelitian



4.    Variabel Penelitian
-          Tingkat kepuasan konsumen
-           produk UKM Edhie’s Bakery

5.    Tahapan Penelitian
-          Penentuan sampel
-          Pengumpulan data
-          Pembentukan kuisioner
-          Uji validitas
-          Uji reliabilitas
-          Pengolahan data dengan metode Important Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index
-          Penentuan tingkat kepentingan kerja menggunakan skala Likert
Analisis dan Hasil
Analisis tingkat kepentingan dan kinerka menggunakan 8 atribut yakni rasa, variasi, warna, aroma, bentuk, kemasan, harga dan merek. Maka membutuhkan diagram kartesius untuk melihat kedudukan 8 atribut tersebut.
1.     Prioritas Utama (kuadran A)
Merupakan wilayah yang dianggap penting oleh konsumen tetapi pada kenyataannya atribut-atribut ini belum sesuai seperti yang diharapkan. Atribut utama yang harus diprioritaskan oleh pihak Edhie’s Bakery untuk segera diperbaiki kinerjanya adalah harga. Atribut kedua yang perlu diperhatikan adalah atribut aroma.
2.    Pertahankan Prestasi (kuadran B)
Wilayah yang dianggap penting dan sudah sesuai dengan yang dirasakan oleh konsumen, memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Atribut-atribut yang berada pada kuadran ini adalah variasi dan rasa.
3.    Prioritas Rendah (kuadran C)
Atribut-atribut pada kuadran C  ini kurang dianggap penting oleh konsumen dan kinerjanya dinilai rendah  oleh konsumen. Atribut-atribut pada kuadran ini adalah kemasan dan merek.
4.    Berlebihan (kuadran D)
Atribut yang berada pada kuadran  ini mempunyai tingkat kinerja yang sangat baik yang dinilai oleh konsumen, tetapi atribut ini memiliki tingkat kepentingan yang tidak begitu penting dinilai oleh konsumen. Atribut  tersebut  adalah  warna   dan  bentuk,  peningkatan kinerja pada  atribut kuadran D akan dianggap berlebihan oleh konsumen.
Implikasi dan Saran
Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Edhie’s Bakery dapat dikatakan “Puas” karena memiliki nilai tingkat Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 0,6922 atau 69,22% dan atribut yang harus diperbaiki oleh UKM Edhie’s Bakery adalah aroma dan harga.
Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, saran yang dapat diajukan adalah:
1. Sebaiknya Edhie’s Bakery lebih memperhatikan atribut harga dan aroma, karena kedua atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dimata konsumen tetapi memiliki nilai kinerja yang masih rendah.
2. Sebaiknya produk Edhie’s Bakery   dilengkapi  dengan  kemasan, merek, dan izin dari Depkes untuk mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan terlalu serius yah .. ^^