Judul : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK CORNED PRONAS PRODUKSI PT ClP, DENPASAR, BALI
Pengarang : Sukardi dan Chodilis Chandrawatism
Latar Belakang :
Persaingan global saat ini sudah merupakan fenomena yang tidak terhindarkan di dalam dunia industry. Dengan semakin banyaknya konsumen yang rasional, perusahaan hanya dapat menang dengan menciptakan dan memberikan nilai tinggi dengan meningkatkan nilai dari jasa dan produk yang mereka ciptakan serta mengetahui tingkat kepuasan pelanggannya.
Mont dan Plepys (2003) melakukan review literature untuk kepuasan pelanggan dan aplikasinya dalam system pelayanan jasa produk. Dalam review tersebut ditujukan model-model aplikasi kepuasan pelanggan dari berbagai atribut produk.
Kepuasan pelanggan merupakan factor yang sangat penting untuk dievaluasi bagi perusahaan yang bergerak di bidang industry makanan, termasuk didalamnya adalah PT. Canning Indonesian Products, PT CIP, sebagai produsen corned PRONAS.
Rumusan Masalah :
- Apa saja karakteristik pelanggan atas corned pronas?
- Bagaimana proses keputusan pelanggan dalam mengkonsumsi corned pronas?
- Bagaimana tanggapan pelanggan terhadap atribut pronas?
- Bagaimana tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk corned pronas?
Tujuan Penelitian :
- mengidentifikasi karakteristik pelanggan corned PRONAS.
- mengkaji proses keputusan pelanggan dalam mengkonsumsi corned PRONAS.
- mengetahui tanggapan pelanggan terhadap atribut corned PRONAS.
- menganalisa tingkat kepuasan pelanggan corned PRONAS .
metodologi penelitian :
1. Data dan Sampel
Ruang lingkup penelitian :
(1) corned PRONAS yang diproduksi PT CIP.
(2) Responden adalah pelanggan corned PRONAS yang tersebar di wilayah Bogor.
Jumlah responden sebanyak 100 orang dari populasi kota Bogor, pengambilan samle menggunakan metode convience sampling.
2. Alat analisis
- Menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas pada 30 jawaban responden awal mengisi kuisioner.
- Analisis tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan terhadap atribut.
- Atribut yang dikaji diukur menggunakan skala likert
3. Model Penelitian
4. Variable Penelitian
Kepentingan (Y) dan kinerja (X)
5. Tahapan Penelitian
Penelitian dimulai dengan melakukan survey, tahap selanjutnya adalah pengumpulan data.
Olah data menggunakan metode non probability sampling.
Analisis dan hasil
Pengukuran tingkat kesesuaian pelanggan digambarkan dalam diagram cartesius, dengan hasil :
Kuadran I (prioritas pertama) :
Kuadran ini menunjukan atribut-atribut yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang penangannya harus diperioritaskan, atribut yang masuk pada kuadran ini yakni aroma, komposisi produk, rasa, warna, ukuran volume produk dan ketersediaan /mudah didapat.
Kuadran II (pertahankan prestasi) :
Atribut-atribut pada kuadran ini menunjukkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang tinggi menurut responden.atribut yang masuk dalam kuadran ini adalah ketersediaan tanggal kadaluarsa pada produk, jaminan halal dan izin Depkes produk, ketersediaan layanan informasi untuk mudah diakses dan rasa.
Kuadran III (prioritas rendah) :
Atribut-atribut yang terdapat pada kuadran III ini dianggap atribut yang kurang penting pengaruhnya bagi pelanggan dan pelaksanaanya oleh perusahaan tidak terlalu istimewa. Atribut yang masuk dalam kuadran ini adalah atribut desain kemasan, aroma yang diterima dibandingkan harga, kepraktisan kemasan yang diterima dibandingkan harga, bergengsi dan banyak dikonsumsi orang.
Kuadran IV (berlebihan) :
Kuadran ini menunjukan atribut-atribut yang kurang penting bagi konsumen tetapi pelaksanaannya berlebihan. Berdasarkan hasil yang diperoleh tidak ada satupun atribut yang masuk dalam kuadran ini.
Implikasi dan Saran
Corned PRONAS merupakan jenis makanan yang lintas gender yang didominasi oleh responden yang berusia 25-34 tahun dengan mayoritas pendidikan sarjana dan bekerja sebagai pegawai swasta. Tanggapan pelanggan menjadi acuan dalam penentuan prioritas perbaikan atribut kinerja produk yang dapat dilihat melalui hasil Importance Perfomance Analysis (IPA).
Indeks Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction Index atau CSI) diperoleh sebesar 82,76% (0,8276) yang berada pada kisaran 0,81-1,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelanggan merasa sangat PUAS terhadap kinerja atribut-atribut dari corned yang diteliti.
Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini disarankan untuk dilakukan kajian lanjutan untuk melihat pengaruh dari perbaikan atribut-atribut produk hasil analisis IPA terhadap retensi loyalitas pelanggan dan profitabilitas perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan terlalu serius yah .. ^^