Minggu, 14 Oktober 2012

apa yang didapat perusahaan ketika menerapkan etika bisnis?


Apa yang didapat perusahaan ketika menerapkan etika bisnis?

Di dalam persaingan dunia usaha yang sangat ketat ini, etika bisnis merupakan sebuah harga yang tidak dapat ditawar lagi. Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang tetap menjaga kode etis dalam dunia bisnis. Bersikap adil dan jujur sekarang sangatlah sulit, persaingan yang cukup bebas membuat semua hal yang tidak etis menjadi hal yang sah untuk dilakukan demi meraup keuntungan. Seharusnya perusahaan juga menerapkan sistem yang baik agar terciptanya loyalitas konsumen, yaitu dengan cara terus menjaga etika didalam persaingan.

Adapun manfaat perusahaan dalam menerapkan etika bisnis. Yaitu:

1. Perusahaan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Perusahaan yang jujur akan menciptakan konsumen yang loyal. Konsumen yang loyal tidak segan – segan untuk merekomendasikan kepada orang lain agar menggunakan produk tersebut.

2. Citra perusahaan di mata konsumen baik.
Dengan citra yang baik maka perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat dan produknya pun dapat mengalami peningkatan penjualan. Perusahaan yang cacat hukum tentu saja menimbulkan citra buruk bagi perusahaan tersebut.

3. Meningkatkan motivasi pekerja.
Karyawan akan bekerja dengan giat apabila perusahaan tersebut memiliki citra yang baik dimata perusahaan. Dasar suatu perusahaan tentu saja terletak pada SDM nya, ketika perusahaan berjalan diatas keadilan tanpa kecurangan pekerja tentu saja akan termotivasi untuk melakukan yang terbaik pula untuk perusahaan.

4. Keuntungan perusahaan dapat di peroleh.
Etika adalah berkenaan dengan bagaimana kita hidup pada saat ini dan mempersiapkan diri untuk masa depan. Bisnis yang tidak punya rencana untuk menghasilkan keuntungan bukanlah perusahaan yang beretika.

Beberapa perusahaan terkemuka sekarang ini sudah mempunyai Code of Conduct dan juga sudah mempunyai kode etika perusahaan yang dipatuhi oleh semua karyawan. Sebagai proses, sistem, struktur, dan aturan yang memberikan suatu nilai tambah bagi perusahaan good coporate governance memiliki prinsip- prinsip sebagai berikut :

a. Fairness (keadilan)
Keadilan adalah kesetaraan perlakuan dari perusahaan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan sesuai dengan kriteria dan proporsi yang seharusnya.
Dalam hal ini ditekankan agar pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan terlindungi dari kecurangan dan penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan oleh orang dalam.

b. Transparency (keterbukaan)
Transparasi adalah keterbukaan dalam melaksanakan suatu proses kegiatan perusahaan.
Pengungkapan informasi kinerja perusahaan baik ketepatan waktu maupun akurasinya (keterbukaan dalam proses pengambilan keputusan, pengawasan, keadilan, kualitas, standarisasi, efisiesi waktu dan biaya). Dengan transparasi pihak-pihak yang terkait akan dapat melihat dan memehami bagaimana suatu perusahaan dikelolah.

c. Accauntability (akuntabilitas)
Akuntabilitas adalah pertanggung jawaban atas pelaksanaan fungsi dan tugas-tugas sesuai wewenang yang dimiliki oleh seluruh organ perusahaan termasuk pemegang saham.
Prinsip ini diwujudkan antara lain dengan menyiapkan laporan keuangan dengan tepat pada waktunya dan dengan cara yang tepat mengembangkan komite audit dan resiko yang mengandung fungsi pengawasan oleh dewan komisaris, mengembangkan dan merumuskan kembali peran dan fungsi internal audit sebai mitra bisnis strategik berdasarkan best parctice bukan sekedar audit.

Sumber : Fachmi ulil maulana (2011) – manfaat perusahaan dalam menerapkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan terlalu serius yah .. ^^