Selasa, 27 November 2012

Corporation Social Responsibility



Product            : Anlene
Perusahaan        : PT. Fonttera Brands Indonesia
Charity Event         : “Indonesia Bergerak : 2 Minggu Demi Esok yang Lebih Baik”
Tanggal            : 21 oktober 2012
Tempat            : Monumen Nasional, Jakarta

ilustrasi kampanye Anlene
PT. Fonterra Brands Indonesia menyelenggarakan event Charity dengan tema “Indonesia Bergerak : 2 Minggu Demi Esok yang Lebih Baik”. Acara ini dipersembahkan dalam rangka memperingati 10 tahun hari Osteoporosis Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Oktober. PT. Fonterra Brands Indonesia dengan produknya susu kalsium “Anlene” melakukan aktivitas Walkathon with Osteocares bersama Celebrity Osteo – Fighters yang dilakukan selama 2 minggu.
Kota - kota tempat diselenggarakannya event ini antara lain :

7 Oktober 2012
  • Surabaya - Hypermat Royal Plaza
  • Solo - Hypermat Solo
14 Oktober 2012
  • Semarang - Balai Kota Semarang
  • Bandung - Hypermat Metro Indah Mall
Analisa :

PT. Fonterra Brands Indonesia melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial secara rutin tiap tahunnya. Tanggung Jawab disini maksudnya perusahaan melebarkan perannya lebih dari sekedar menggunakan sumber daya dan terlibat dalam kegiatan sosial bersama masyarakat.

PT. Fonterra Brands Indonesia melakukan charity walk yang merupakan kegiatan pengumpulan dana untuk edukasi pencegahan osteoporosis dengan cara mengajak masyarakat berjalan dari 4 kota, Surabaya, Solo, Semarang, Bandung dan Puncak Acara di Jakarta yang berlokasi di Monumen Nasional pada tanggal 21 Oktober 2012. Jumlah Langkah yang terkumpul akan diakumulasikan dan dikonversikan dalam sejumlah dana untuk didonasikan kepada PEROSI (Perhimpunan Osteoporosis Indonesia dan PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia).

Dengan banyaknya persaingan, maka suatu perusahaan perlu mendapatkan tempat yang baik dihati masyarakat. Di era global seperti ini masyarakat menjadi jauh lebih pintar dan memilih menjadi konsumen yang berpikir rasional. Masyarakat tentunya akan memilih produk yang memberikan keuntungan yang lebih dari segi manfaat maupun kualitas.

Saat ini Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi suatu yang trend di dunia pemasaran. Terlebih PT. Fonterra Brand Indonesia sudah melakukan CSR dengan produk Anlene sejak tahun 2000 silam. PT. Fonterra Brand Indonesia sadar bahwa mereka tidak boleh hanya mementingkan perusahaan saja, namun juga masyarakat (konsumen) dan lingkungan sekitar.

Melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility ini semata – mata dengan tujuan agar terciptanya kesadaran dan perhatian dari masyarakat terhadap produk itu sendiri. Usaha ini dalam bisnis dapat dijadikan alasan untuk memperkuat posisi perusahaan dalam pasar. Dalam Etika Bisnis, hal seperti ini di Sah kan, karena tidak merugikan pihak manapun, kegiatan CSR ini bersifat sosial yang banyak sekali manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan saja.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan terlalu serius yah .. ^^